Fungsi Lisplang GRC
Material

4 Fungsi Lisplang GRC yang Memberikan Hasil Lebih Maksimal

Lisplang merupakan salah satu bagian rumah yang tidak begitu dikenal masyarakat umum karena posisinya terletak di atas atap. Walaupun terdengar awam, namun lisplang memiliki peran penting yang memengaruhi kekuatan bangunan serta nilai keindahan rumah. Karena posisinya yang bersentuhan langsung dengan cuaca, maka banyak bermunculan bahan pembentuknya yang diformulasikan agar lebih kuat dan tahan lama, seperti lisplang berbahan GRC board.

Fungsi Lisplang GRC

GRC merupakan bahan yang memiliki kekuatan sangat baik, karena terbentuk dari serat kaca dan campuran beton. Oleh sebab itu, lisplang yang menggunakan bahan ini tentu memiliki fungsi yang lebih banyak dan beragam dibanding bahan lain, diantaranya:

1. Melindungi Kayu Penyusun Atap dari Cuaca Ekstrem

Atap merupakan bagian pokok dalam suatu bangunan yang ditegakkan dengan sejumlah kerangka yang memiliki bahan kuat. Jika kerangka tidak menggunakan bahan yang kuat, maka bangunan bisa roboh dan membahayakan orang yang ada di bawahnya. Sementara kita tahu bahwa pada beberapa bangunan masih banyak yang menggunakan kerangka kayu, padahal jika terkena terpaan air akan mudah keropos.

Oleh sebab itu, untuk melindungi kerangka atap yang terdiri dari bahan baja atau kayu ini, maka dibutuhkan lisplang dengan bahan yang lebih kuat untuk melindunginya seperti GRC. Kekuatan dari GRC sendiri membuatnya selalu menjadi pilihan dalam berbagai material bangunan, seperti plafon, ataupun partisi GRC.

2. Menjaga Kerapian Atap

Fungsi Lisplang GRC Atap

Untuk mendukung tampilan rumah yang lebih rapi, maka bagian atap juga harus diperhatikan, karena sangat mudah dilihat dari luar. Terlebih dengan adanya kayu pembentuk yang pada beberapa kasus sangat terlihat tidak rapi dan merusak penampilan rumah.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan lisplang berbahan GRC maka kerapian atap bisa terjaga dengan baik. Tampilannya pun akan terlihat lebih elegan karena susunan genting dan kerangkanya memiliki keselarasan bentuk.

3. Memberikan Tampilan yang Indah

Walaupun disusun dengan komposisi semen, pasir dan serat fiber, namun GRC bisa dimodifikasi dengan melapisinya menggunakan warna-warna menarik. Inilah alasan mengapa banyak orang yang tertarik menggunakan partisi grc di ruangan. Selain itu, bentuknya yang mudah disesuaikan juga memungkinkan adanya variasi GRC yang bermotif ukir.

Keunggulan inilah yang sangat membedakan antara lisplang berbahan GRC dengan bahan lainnya, karena berkaitan langsung terhadap tampilan. Walaupun lisplang yang sudah diukir memiliki harga lebih mahal, namun hasil yang diperoleh akan memperkaya dekorasi rumah anda dari luar. Selain itu, jika dilihat dari keawetan bentuk yang dihasilkan, maka harga lisplang berbahan GRC dengan motif ukir justru sangat terjangkau.

4. Menahan Kerangka Agar Tidak Bergeser

Walaupun sudah dipasang dengan proses yang sangat teliti oleh pekerja profesional, namun kerangka atap bisa saja mengalami pergeseran. Hal ini disebabkan karena pengaruh cuaca yang menyebabkan material bisa menyusut ataupun mengembang.

Oleh sebab itu, penggunaan lisplang yang berbahan kuat, akan mampu menahan pergeseran tersebut secara maksimal. Sementara jika menggunakan bahan yang daya tahannya lebih rendah dari kerangka atap, justru akan menyebabkan pergeseran berulang yang berujung pada kerobohan lisplang bangunan.

Dengan banyaknya manfaat yang akan diperoleh jika menggunakan lisplang berbahan GRC, maka penggunaannya sangat direkomendasikan dibandingkan bahan lain.  Walaupun demikian, bukan berarti bahan lainnya tidak memiliki manfaat, hanya saja hasil yang maksimal akan bisa diperoleh jika menggunakan lisplang dengan bahan GRC board yang kualitasnya sudah diakui dalam dunia konstruksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *