Jenis Speaker
Kelistrikan

5 Jenis Speaker Berdasarkan Kapasitasnya yang Harus Anda Ketahui

Speaker merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat suara semakin jelas, baik itu suara yang bersumber dari microphone ataupun alat eletronik yang dapat memancarkan suara. Keberadaan speaker sendiri pun sudah menjadi barang penting apalagi jika anda akan menggunakannya pada sebuah acara yang memang membutuhkan pengeras suara semacam ini. Speaker sendiri pada dasarnya dibedakan atas beberapa jenis sesuai dengan kapasitasnya, karena dalam hal ini speaker juga memiliki peranan masing-masing yang tidak bisa disamakan antara satu speaker dengan speaker lainnya. Bagi anda yang benar-benar paham soal elektronika dan kelistrikan seperti kontraktor listrik pasti paham betul dengan jenis-jenis speaker tersebut namun bagi yang tidak paham tentunya hal ini akan menyulitkan bagi anda.

Yuk, Ketahui 5 Jenis Speaker Berdasarkan Kapasitasnya yang Sering Digunakan!

Memilih speaker yang sesuai dengan kapasitasnya merupakan hal yang penting anda lakukan, karena jika tidak maka hasil dari speaker yang anda gunakan tidak akan berjalan dengan maksimal sesuai dengan rencana anda. Dalam pemilihan speaker yang tepat anda juga jangan hanya memperhatikan stiker yang biasanya tertempel saja, namun juga cek kapasitas yang sebenarnya hal ini untuk mencegah anda tertipu dengan berabagiai jenis speaker yang beredar dipasaran saat ini. Untuk lebih jelasnya pun banyak orang yang biasanya berkonsultasi dengan ahli mekanikal elektrikal dalam pemelihan speaker apalagi jika harga speaker tersebut lumayan mahal maka sepertinya hal ini perlu anda lakukan. Nah, sebelum anda berencana untuk membeli speaker yang sesuai dengan kebutuhan anda maka ketahui lebih dalam jenis-jenis speaker berdasarkan kapasitasnya mari simak ulasan berikut ini!

  1. Tweeter, jika anda senang mendengarkan lagu atau konser musik yang terkenal maka speaker yang satu ini pasti akan digunakan. Hal ini karena speaker jenis tweeter ini berguna dalam membuat suara vokal, atau dentuman dari alat-alat musik akan semakin terdengar lebih jernih dan jelas daripada menggunakan jenis speaker jenis lainnya.
  2. Midrange, dengan jenis speaker yang satu ini dijamin suara vokal akan semakin fokus terdengarnya. Nah, yang satu ini sangat cocok anda gunakan untuk acara-acara yang memang memfokuskan pada suara vokal. Bahkan, saking jelasnya suara vokal yang dihasilkan dari jenis speaker midrange ini banyak orang yang menggunakannya di berbagai acara.
  3. Woofer, jenis yang satu ini terbaik dalam menghantarkan suara bass yang keluar dari sumber suara, jika dibandingkan dengan jenis speaker lainnya maka speaker ini sangat unggul.
  4. Fullrange, jika anda menginginkan suara yang dihantarkan terdengar hingga jarak yang cukup jauh maka sebaiknya pilihlah jenis speaker yang satu ini. Suara yang terdengar pun selain dapat mencakup jarak yang jauh namun juga dapat membuat suara lebih jelas.
  5. Subwoofer, speaker yang satu ini biasanya digunakan pada komputer atau audio di dalam mobil. Sesuai dengan kapasitasnya speaker jenis subwoofer ini dapat menghantarkan nada rendah namun dengan suara bass yang jelas.

Bagaimana menurut anda mengenai 5 jenis speaker di atas? Pasti sebagian dai anda masih bingung mengenai jenis-jenis speaker diata. Namun, tenang saja karena biasanya jika anda berminat untuk membeli speaker di toko elektronik anda akan diberitahu speaker yang sesusi dengan kapasitas yang anda inginkan. Biasanya juga beberapa merek speaker terkenal yang ada di toko elektronik sudah mengakategorikan speaker milik mereka sesaui dengan kapasitasnya sehingga anda tidak perlu repot dalam memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *