Manfaat Penggunaan Lantai Epoxy
Material

5 Manfaat Penggunaan Lantai Epoxy yang Tidak Boleh Diremehkan

Masih bingung memilih jenis lantai yang akan digunakan pada hunian rumah? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan lantai epoxy? Mungkin selama ini Anda hanya mempertimbangkan menggunakan lantai keramik, granit atau lantai kayu yang mahal. Disisi lain ada satu jenis lantai yang lebih murah dan membawa manfaat yang lebih besar. Sayangnya kebanyakan orang hanya menganggap bahwa lantai yang dilapisi dengan bahan tersebut hanya untuk gedung atau parkiran saja.

Padahal rumah yang menggunakan lantai ini Anda akan mendapatkan beragam keuntungan. Bahkan manfaat ini tidak bisa dianggap remeh, lantai bisa bertahan lama dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Syarat utama dalam penerapan lantai dengan bahan tersebut adalah lantai harus dilapisi dengan beton atau dicor terlebih dahulu. Setelah itu barulah Anda bisa mengaplikasikan cat epoxy di atasnya.

Beragam Manfaat dari Lantai Epoxy yang Besar

Manfaat dari Lantai Epoxy

Secara umum, cat untuk lantai ini penggunaannya tidak terbatas hanya pada gedung bertingkat, dak, atau garasi saja. Hanya saja proses pengaplikasiannya tidak boleh sembarangan dan harus ditangani oleh ahlinya. Bahan tersebut merupakan material yang bekerja sebagai sealer pada lantai beton. Semua gedung dan juga rumah yang menggunakannya sudah mendapatkan berbagai keuntungan.

Apa saja manfaat besar ketika lantai rumah Anda menggunakan bahan pelapis tersebut? Yuk simak berikut ini informasinya.

  • Penampilan

Jika Anda menganggap bahwa tampilannya hanya berwarna abu-abu yang pucat seperti beton, hal itu adalah salah. Lantai yang sudah dilapisi justru akan memiliki tampilan yang halus dan menarik. Saat ini sudah banyak aneka macam warna cat yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan desain ruangan, sehingga Anda tetap bisa membuat ruangan tampak lebih menarik.

  • Harganya yang lebih murah

Satu hal besar yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lantai adalah harganya yang murah. Harga cat epoxy untuk per meter perseginya lebih murah dibandingkan dengan jenis lantai apapun. Anda tidak perlu membeli lantai dan juga bahan perekat berupa semen. Di atas lantai beton yang dihaluskan, cat bisa langsung diaplikasikan.

  • Perlindungan

Perlindungan yang dimiliki lebih tinggi dibandingkan lantai apapun. Ketika terkenal bensin, pemutih pakaian atau bahan kimia lainnya lantai tidak mudah rusak. Disamping itu, lantai tahan terhadap panas dan juga air. Jadi apapun bahan kimia yang tumpah tidak akan merusak, asalkan harus segera dibersihkan. Banyak juga yang sudah membuktikan lantai itu juga lebih tahan terhadap bakteri oleh karena itu sering digunakan untuk lantai rumah sakit.

  •  Ketahanan

Jika dilihat perlindungan yang diberikan maka berdampak pada ketahanan lantai. Dibandingkan jenis lantai lainnya, lantai dengan cat ini berumur lebih panjang. Apabila diaplikasikan dengan benar, lantai tidak mudah retak bahkan berjamur. Tidak butuh juga proses recoating seperti halnya furniture walaupun digunakan pada ruangan dengan foot traffic yang tinggi. Lantai beton akan bertahan baik dari segi penampilan dan juga perlindungannya.

  • Perawatannya yang sangat mudah

Perawatan seringkali menjadi masalah, misalnya saja lantai kayu dimana tidak bisa dibersihkan dengan bahan kimia apapun. Disinilah manfaat menggunakan lantai epoxy mampu bersaing soal perawatannya. Ketahanannya terhadap bahan kimia membuatnya bisa dibersihkan dengan alat dan bahan apapun, bahkan tidak perlu rajin dibersihkan. Tampilan lantai yang mengkilap bisa bertahan dan memperlihatkan permukaan yang selalu bersih.

Semua manfaat ini bisa Anda dapatkan untuk berbagai area di rumah, mulai dari teras, kamar mandi, dapur atau ruang keluarga dan juga ruang tamu. Cukup hubungi jasa profesional untuk mendapat kalkulasi biaya yang harus dikeluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *