Alat Perkakas
Konstruksi

5 Alat Perkakas yang Harus Ada di Dalam Rumah

Alat perkakas menjadi salah satu alat yang sebaiknya ada di dalam rumah, walaupun bukan sebuah keharusan namun keberadaanya sangat penting. Dari mulai hal yang sangat sepele digunakan untuk memasang gantungan baju hingga hal-hal berat seperti merenovasi rumah. Selama ini banyak orang yang menganggap remeh keberadaan alat bangunan di rumah, karena terbiasa menyerahkan semua urusan kepada orang lain. Namun, tidak jarang urusan yang simpel bisa dilakukan sendiri dengan mudah, cukup menggunakan alat-alat bangunan yang harganya tidak terlalu mahal.

5 Perkakas Bangunan yang Harus Tersedia di Rumah

Alat Perkakas

1. Obeng

Obeng menjadi salah satu alat yang harus tersedia di dalam rumah, ketika ada mur atau baut pada barang atau item di dalam rumah Anda membutuhkan alat satu ini untuk mengencangkan atau memperbaikinya. Keberadaan alat satu ini sangat penting apalagi hampir sebagian besar barang-barang yang ada di dalam rumah menggunakan baut maupun mur. Adapun ukuran obeng yang tersedia terbagi menjadi beberapa pilihan, ada yang berukuran kecil dan ada juga yang berukuran besar. Untuk mendapatkan obeng lengkap sebaiknya beli dalam satu set obeng.

2. Bor

Selain obeng Anda juga harus menyiapkan bor di dalam rumah. Bor akan Anda gunakan bersamaan dengan pemasangan baut atau mur, dalam pemasanganya Anda harus melubangi dinding atau kayu terlebih dahulu menggunakan bor. Bor terdiri dari berbagai macam jenis, jika dahulu disambungkan ke bagian sekring, sekarang ini sudah ada bor yang cukup disambungkan wireless.

3. Tangga

Perkakas selanjutnya yang harus tersedia di rumah ialah tangga, dengan menggunakan tangga maka area-area tertentu bisa dijangkau dengan baik. Jika ada bagian atap yang rusak tangga juga menjadi alat penting yang digunakan untuk menjangkau. Ada banyak jenis-jenis tangga yang bisa dipilih, pilih tangga dengan budget yang sudah disediakan.

4. Palu dan Tang

Dua alat ini menjadi satu pasangan yang harus tersedia di dalam rumah. Bentuk palu ada dua sisi, bagian satu berbentuk bulat yang digunakan untuk memalu atau memukul, sedangkan bagian lainnya digunakan untuk mencabut paku. Adapun tang merupakan alat rumah yang berbentuk seperti paruh burung, dengan berbagai ukuran ada yang kecil dan ada yang besar. Tang yang besar digunakan untuk menjepit barang dengan ukuran besar dan sebaliknya tang kecil bisa digunakan untuk memotong dan mengupas kabel.

5. Kunci Inggris

Alat perkakas selanjutnya yang harus ada di dalam rumah ialah kunci Inggris, digunakan untuk membuka dan mengencangkan skrup yang berukuran besar. Jika ingin membuka skrup kecil Anda bisa menggunakan kunci biasa. Peralatan ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki pipa air, kunci ini bisa diatur lebar dan sempitnya, sehingga Anda tidak membutuhkan jenis kunci lainnya.

Tips Merawat Alat-alat Rumah

Peralatan rumah seperti tang, kunci inggris, bor, palu, paku dan lainnya harus dirawat dengan baik. Sebagian besar alat-alat tersebut terbuat dari besi, yang mudah terkena karat dan bisa mengurangi kualitas dari kegunaannya. Agar alat-alat tersebut terpelihara dengan baik maka bersihkan setelah pemakaian dengan menggunakan lap, periksa alat-alat tersebut secara teratur agar Anda bisa mengidentifikasi kerusakan sedini mungkin. Selain itu simpan alat-alat tersebut di dalam kotak atau lemari peralatan.

Dengan menyediakan perkakas rumah Anda tidak perlu khawatir jika ada kerusakan tertentu di dalam rumah, alat-alat tersebut memiliki kegunaan yang sangat besar. Jangan lupa rawat dengan baik agar fungsinya berjalan secara maksimal.

 

Dapatkan harga alat perkakas terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *