Konstruksi

Anti Bocor-bocor Pada Kamar Mandi Lakukan Hal Ini!

Khawatir kamar mandimu rembes dan bocor? Atau malah sudah terjadi? Hayo diingat lagi sewaktu membangun kamar mandi kamu sudah pakai jasa waterproofing membrane belum? Kamar mandi termasuk area yang paling rentan diperbaiki sebab areanya yang nyaris selalu lembab. Aliran alir yang deras dalam jangka panjang bisa mengakibatkan umur kamar mandi kamu menjadi lebih pendek daripada perkiraan. Belum-belum kalau ada aliran yang tersumbat sampai menyebabkan genangan air. Selain membuat penghuni rumah menjadi tidak nyaman, struktur konstruksi pada kamar mandi bisa lebih cepat rusak loh!

4 Cara Mengatasi Kamar Mandi Rembes

Merembesnya air dari kamar mandi terdengar bukan masalah besar. Hanya jika yang terjadi memang rembesan air saja. Tapi bagaimana kalau ternyata yang merembes adalah aliran air kotor dari saluran pembuangan? Waduh tidak terbayangkan bagaimana menjengkelkannya, bukan? Belum lagi kalau yang merembes adalah kamar mandi dari lantai atas. Untuk itu dalam membangun kamar mandi penting untuk menggunakan jasa waterproofing membrane.

1. Pilih Kontruksi Kamar Mandi Kedap Air

Sebelum kamu memutuskan untuk membangun rumah ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah konstruksi bangunan yang akan kamu pakai. Pada kamar mandi penting untuk memilih konstruksi material yang kedap air bahkan sebelum menggunakan jasa waterproofing Jakarta yang mudah kamu temukan. Dengan konstruksi dasar yang mantap bisa menambah sifat resistansi terhadap kebocoran air. Kamu bisa menggunakan perbandingan antara semen dan pasir sebesar satu banding tiga sampai satu banding lima.

2. Lapiskan Lantai Dengan Bahan Waterproof

Setelah lantai kamar mandi mengering langkah selanjutnya adalah memberikan pelapis bersifat waterproof. Jasa waterproof jakarta  memiliki fungsi yang sangat baik untuk kamu terapkan pada tahap ini. Tidak hanya di kamar mandi, pada atap rumah pun butuh untuk dilapisi waterproof membrane untuk mencegah rembesnya air melalui pori-pori. Dengan lembaran yang disusun kemudian dibakar, butuh ketelitian yang tinggi dalam mengaplikasikan tahap ini. Beberapa area yang rentan rembes juga turut kamu perhatikan. Misalnya jika kamu menggunakan bak mandi. Kamu juga bisa menggunakan jenis waterproof coating. Dengan melakukan tiga sampai empat lapis waterproof coating dengan arah berbeda akan memperkecil kemungkinan air merembes ke konstruksi kamar mandi.

3. Jangan Lupakan Dinding Kamar Mandi

Bukan hanya lantai, sisi kamar mandi yang lain pun perlu diaplikasikan waterproof. Misalnya dinding serta lantai yang sudah dipasang keramik. Dinding kamar mandi juga memiliki kemungkinan rembes dan bocor. Terutama jika kamu memiliki aliran pipa di salah satu dinding atau sengaja menempelkan bak mandi paralel dengan dinding. Menggunakan cat waterproof akan sangat membantu mencegah rembesnya air keluar dinding kamar mandi.

4. Nat Pada Celah Lantai Keramik

Usai memasang lantai keramik dengan warna cerah dan pola yang cantik kamu perlu mengisi sela-sela antarkeramik dengan nat. Bukan sekadar semen berwarna, tapi dengan nat yang bersifat fleksibel.

Apabila ternyata kamar mandi kamu sudah terlanjur merembes dan bocor maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan lantai kamar mandi. Kebocoran bisa disebabkan karena hewan-hewan kecil yang melubangi konstruksi. Untuk itu cacing-cacing ini harus dikeluarkan lebih dulu dengan cara menyiramkan air garam. Setelahnya kamu bisa lakukan cara di atas termasuk menggunakan jasa waterproof membrane.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *