Ruangan Dibangun Tanpa Plafon
Dekorasi

Apa yang Terjadi Jika Ruangan Dibangun Tanpa Plafon?

Plafon atau dikenal dengan istilah lain langit-langit merupakan bagian yang cukup penting di dalam rumah. Dulu, masyarakat membuat plafon dengan dasar kayu dan bilik bambu sebagai langit-langitnya. Namun saat ini, bahan konstuksi baru mulai bermunculan sehingga banyak toko-toko bangunan yang jual plafon grc murah, plafon triplek, plafon kayu yang lebih modern, maupun plafon yang berupa lempengan metal tipis. Masing-masing bahan plafon tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Selain dari harga dan tingkat kesulitan memasangnya, masyarakat memilih suatu bahan plafon dengan melihat seberapa lama plafon tersebut dapat digunakan. Mereka juga memperhatikan model atau tampilan suatu plafon agar dapat disesuaikan dengan bentuk serta konsep rumah yang akan mereka bangun.

Ketahui Fungsi Plafon dan Kekurangan Ruangan yang Dibangun Tanpa Plafon

Ruangan yang Dibangun Tanpa Plafon

Salah satu bagian dari rumah yang dapat ditemukan di hampir semua ruangan adalah langit-langit atau plafon. Jika Anda berniat untuk membangun rumah dalam waktu dekat tetapi bingung apakah plafon perlu dipasang di semua ruangan atau tidak, berikut beberapa informasi terkait fungsi plafon itu sendiri:

1. Pembatas Antara Atap Rumah dan Batas Atas Ruangan

Fungsi pertama plafon yang pasti sudah Anda ketahui adalah sebagai pembatas antara atap rumah dengan batas atas ruangan. Rumah yang dibangun tanpa plafon akan terasa kosong kecuali jika Anda berniat untuk melakukan modifikasi sepeti menerapkan gaya klasik atau gaya lebih modern. Anda tidak perlu khawatir budget untuk membangun rumah membengkak dengan memasang palfon di semua ruangan karena Anda dapat mencari toko-toko bangunan yang jual plafon grc dengan kualitas cukup baik.

2. Menjaga Suhu Ruangan

Fungsi plafon atau langit-langit rumah selanjutnya adalah untuk menjaga suhu ruangan terutama ketika siang hari. Terik matahari yang menyinari bumi tentu akan mengenai atap rumah kita. Tanpa plafon, sinar matahari yang melewati atap langsung masuk ke ruangan. Hal ini berbeda ketika Anda memasang plafon di suatu ruangan. Udara panas yang dihasilkan terik matahari ditahan terlebih dahulu oleh plafon sehingga suhu ruangan tetap terjaga. Anda mungkin bisa mengganti fungsi plafon ini dengan memasang AC di rumah Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa banyak yang jual plafon grc murah dan jauh lebih hemat daripada membeli AC yang membutuhkan biaya tambahan berupa tagihan listrik setiap bulannya.

3. Meminimalisir Air yang Masuk ke Ruangan Jika Terjadi Kebocoran

Bukan tidak mungkin jika suatu saat genting rumah Anda bocor dan Anda baru menyadarinya ketika ada rembesan air yang jatuh dari atas atap. Pada saat seperti itu, plafon berfungsi sebagai penahan dan meminimalisir air yang masuk ke ruangan karena bahan dasar plafon pada umumnya dapat menyerap air selama kapasitas air tidak terlalu banyak. Selain itu, beberapa bahan plafon memiliki kemampuan mengurangi bunyi yang berlebihan sehingga Anda tidak akan terganggu lagi dengan bunyi keras hujan deras yang mengenai genting rumah.

4. Memperindah Ruangan

Fungsi terakhir dipasangnya plafon di setiap ruangan adalah untuk memperindah ruangan itu sendiri. Plafon yang dijual di toko-toko bangunan atau properti tersedia dalam berbagai pilihan sehingga dapat Anda sesuaikan dengan konsep ruangan yang Anda inginkan. Anda dapat menambah lampu hias atau kipas angin di langit-langit ruang utama, menambah hiasan seperti stiker bercahaya berbentuk bulan dan bintang di ruang tidur, serta memilih plafon sederhana untuk bagian dapur dan ruang makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *