Dekorasi

Berapa Ukuran Luas Rumah yang Ideal Untukmu? Yuk Simak Tipsnya!

Luas rumah sangat erat kaitannya dengan tingkat kesehatan dan stress anggota keluarga.  Kamu harus memahami jenis kebutuhanmu ketika memutuskan untuk membangun atau membeli sebuah rumah.  Selain ukuran luas rumah, perlu diperhatikan juga luas kavlingan tanah dan juga kondisi lingkungan sekitar.

Kemampuan ekonomi juga perlu menjadi pertimbangan ketika memilih jenis rumah.  Meski ternyata rumah yang bisa kamu tempati berukuran kecil, ada banyak jenis desain interior yang bisa kamu terapkan agar rumahmu terasa luas.  Salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan wallpaper dinding murah.

Luas Rumah Ideal Menurut SNI

Kebutuhan luas minimal rumah sederhana di Indonesia menurut SNI 03-1733-2004 adalah 36m2.   Ukuran luas rumah tersebut diperuntukkan bagi keluarga yang terdiri dari 4 orang anggota.  Artinya setiap jiwa membutuhkan ruang seluas 9m2.  Ketentuan ini mengacu pada Neufret Data Arsitek yang menentukan kebutuhan ruang berdasarkan pada kebutuhan udara segar.

Berbeda dengan SNI tersebut, Pusat Litbang Permukiman pada 2011 mempublikasikan hasil penelitian yang menyatakan bahwa luas rumah ideal bagi warga adalah 47,56m2.  Setara dengan 11,89m2 per jiwa.  Ketentuan ini berdasarkan pada kenyamanan ruang gerak untuk setiap anggota keluarga.  Luas rumah ideal menurut Puslitbang Permukiman hampir menyamai standar internasional yaitu 48m2/keluarga.

Luas Rumah Ideal Berdasarkan Jumlah Anggota Keluarga

Kebutuhan luas rumah dapat ditentukan berdasar jumlah anggota keluarga.  Upayakan luas rumah tersebut dapat mengakomodir kebutuhan ruang dan udara segar bagi setiap individu.  Berikut ini berbagai tipe/luas rumah berdasarkan jumlah individu yang menempatinya:

  • Tipe Rumah 21/24

Tipe Rumah 21/24

Luas rumah 21-24 meter persegi umumnya dibangun diatas tanah seluas 4×6 atau 3×7 meter.  Tipe rumah ini terdiri dari satu kamar tidur dengan dapur terpisah.  Desain interior rumah ini dapat dipercantik dengan wallpaper dinding murah dengan tema minimalis.

  • Tipe Rumah 36

Tipe rumah yang terdiri dari dua kamar tidur ini paling banyak diminati oleh masyarakat.  Bangunan rumah dibangun diatas tanah 6×6 meter dan diperuntukkan bagi keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah.  Pemilik rumah tipe 36 dapat menyiasati kesan luas ruangan dengan memanfaatkan promo jual wallpaper dinding murah yang diadakan Greenwall.co.id.

  • Tipe Rumah 45

Tipe Rumah 45

Tipe rumah ini adalah tipe paling ideal untuk ditempati bersama keluarga.  Meski hanya terdiri dari dua kamar tidur, rumah tipe ini memiliki ruangan yang lebih luas dan nyaman.  Rumah tipe 45 memiliki halaman yang lebih luas sehingga pemilik rumah lebih leluasa mendekorasi rumah.  Ruang keluarga dan kamar dapat didekor menggunakan wallpaper dinding murah dengan berbagai macam tema.   Tipe rumah ini diminati oleh masyarakat kalangan menengah ke atas.

  • Tipe Rumah 54

Keluarga dengan jumlah anggota yang lebih besar lebih nyaman jika menempati rumah tipe 54.  Tipe rumah ini berukuran 9×6 meter persegi yang terdiri dari 3 kamar tidur.  Ruangan yang luas memungkinkn penerapan desain interior dengan tema berbeda secara berkala.  Agar lebih hemat pemilik dapat memanfaatkan promo jual wallpaper dinding rumah.

  • Tipe Rumah 60

Tipe Rumah 60

Sama seperti tipe sebelumnya, tipe rumah 60 memiliki 3 kamar tidur utama.  Namun dapat dilengkapi dengan satu kamar tidur untuk asisten rumah tangga.  Bangunan rumah ini biasanya berukuran 6×10 meter persegi.

  • Tipe Rumah 70

Tipe rumah 70 cocok untuk keluarga dengan anggota yang cukup banyak.  Bangunan rumah ini terdiri dari 4 kamar tidur utama.  Untuk mengakali luas kavling, biasanya pengembang menyiasatinya dengan membangun rumah dua lantai.

  • Tipe Rumah 120

Rumah dengan luas bangunan mencapai 120 meter persegi tergolong ke dalam rumah mewah.  Umumnya rumah ini terdiri lebih dari satu lantai dengan jumlah kamar bervariasi.  Tipe rumah 120 memungkinkan pengembang dan pemilik untuk mendesain rumah dengan berbagai gaya arsitektur yang diinginkan, salah satunya dengan cara menerapkan berbagai macam tema wallpaper dinding murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *