Berbagai Hal yang Perlu diketahui Sebelum Menggunakan Pintu UPVC
Dekorasi

Ini Dia Berbagai Hal yang Perlu diketahui Sebelum Menggunakan Pintu UPVC

Teknologi mengalami perkembangan hampir di semua bidang, termasuk pada bidang konstruksi. Bahan-bahan bangunan mengalami perbaikan dari tahun ke tahun, demi memenuhi kebutuhan manusia untuk membangun tempat berlindung. Mulai dari komponen dasar seperti semen, pasir, cat, hingga komponen yang lebih besar, yaitu kusen pintu dan jendela.

Berbagai Hal yang Perlu diketahui Sebelum Menggunakan Pintu UPVC

Bila sebelumnya kusen pintu dan jendela terbuat dari kayu, kini muncul bahan lain yang diklaim dapat menjadi pengganti kayu. Ya, seiring berjalannya waktu harga kayu melonjak naik karena menipisnya sumber daya alam. Perlu waktu bertahun-tahun untuk menumbuhkan sebuah pohon, sementara kebutuhan manusia tidak selalu bisa menunggu selama itu. Sehingga ditemukan bahan alternatif untuk membuat kusen jendela dan pintu rumah dan bahan tersebut bernama UPVC.

Hal yang Perlu diketahui Sebelum Menggunakan Pintu UPVC

Berbagai Hal yang Perlu diketahui Sebelum Menggunakan Pintu UPVC

UPVC atau Unplasticised Poly Vinyl Chloride adalah bahan yang tak asing lagi di dunia konstruksi bangunan. Bahan ini sejenis thermoplastic yang berasal dari unsur minyak bumi dan garam. Telinga kita mungkin lebih akrab dengan istilah PVC yang digunakan sebagai bahan pipa saluran air. Nah, bila pipa PVC memiliki karakteristik yang lentur seperti plastik, maka sifat UPVC adalah menghilangkan unsur plastik tersebut agar lebih kuat dan kokoh.

Kini banyak rumah mulai menggunakan pintu UPVC atau kusen jendela dengan bahan UPVC. Salah satu hal yang menarik orang-orang untuk menggunakan UPVC adalah warnanya yang beragam. Tidak seperti kayu yang hanya memiliki unsur warna cokelat, pintu atau kusen jendela UPVC kaya akan warna. Kalau Anda sedang mempertimbangkan menggunakan UPVC, tidak ada salahnya menyimak hal-hal yang perlu diketahui mengenai bahan ini, terutama dari segi kelebihan dan kekurangannya.

Berikut ini adalah kelebihan menggunakan pintu UPVC atau kusen jendela UPVC:

1. Bobotnya lebih ringan

Bila dibandingkan dengan kayu, UPVC tentu memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Bahkan ketika dibandingkan dengan kusen aluminium sekalipun, UPVC masih menjadi juara. Bobotnya yang ringan lebih mudah dipindah sehingga pengerjaannya akan menghemat banyak waktu.

2. Tidak mudah terbakar

Salah satu hal yang harus diutamakan dalam sebuah rumah adalah keselamatan. Bahan pintu jenis UPVC memiliki tambahan bahan yang mampu menghambat menjalarnya api sehingga tidak mudah terbakar. Di samping itu, perawatannya pun lebih mudah. Cukup dilap dengan kain basah dan tidak selalu memerlukan pengecatan ulang.

3. Anti karat, bocor, dan rayap

Inilah kelebihan utama dibandingkan dengan kusen jendela, yaitu tidak mudah dimakan rayap karena terbuat dari material plastic. Material UPVC yang tahan terhadap garam pun tidak mudah berkarat. Maka, tak heran jika bahan ini cocok digunakan pada bangunan yang lokasinya dekat dengan laut.

4. Kedap suara

Kusen dan pintu UPVC biasanya dilengkapi dengan double sealed yang terbuat dari karet. Pelindung ini terpasang di antara kusen dengan daun pintu, sehingga mampu meredam kebisingan dari luar maupun sebaliknya

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak heran jika banyak yang mulai beralih menggunakan UPVC. Namun, selain memiliki kelebihan, tentu tetap mempunyai kekurangan. Perlu diketahui bahwa UPVC mudah mengalami keretakan bila terbentur benda keras. Meski terlihat kokoh, UPVC tetap memerlukan tulang penyangga agar dapat menahan beban tembok yang berat. Sebagian UPVC pun mudah mengalami perubahan warna sehingga lebih cepat pudar. Untuk mengakalinya tentu memerlukan pengecatan ulang. Artinya, mengeluarkan biaya tambahan.

Itulah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan pintu UPVC atau kusen UPVC. Setiap benda memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sesuaikan dengan faktor-faktor lain, seperti biaya dan lamanya waktu pengerjaan untuk mengambil keputusan yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *