Cara Atasi Plafon Rusak
Dekorasi

Plafon Rusak? Atasi Dengan Cara Ini!

Plafon akustik adalah salah satu jenis plafon yang digunakan pada ruangan tertentu. Plafon jenis akustik digunakan pada ruangan bersuara bising. Tujuannya adalah mengurangi suara bising alias meredam suara. Jenis dan manfaat plafon sebenarnya beragam. Pilihan jenis dan model plafon dapat disesuaikan dengan minat dan fungsi yang diinginkan masyarakat.

Ada begitu banyak pilihan plafon yang diterapkan. Semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Semua plafon pasti memiliki resiko kerusakan dan masalah lainnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai masalah serta solusi dalam mengatasi masalah pada plafon rumah.

Muncul Rayap

Plafon yang umum digunakan oleh masyarakat adalah jenis plafon gypsum. Plafon ini dipercaya lebih kuat dan mudah dalam pemasangan. Meskipun begitu, tidak sedikit masyarakat yang masih menggunakan plafon dari kayu. Plafon dari kayu dipercaya mampu memunculkan kesan tradisional dan hangat dalam ruangan.

Plafon yang terbuat dari kayu atau triplek memang memunculkan kesan natural. Sayannya, tanpa perawatan dan persiapan matang, plafon rawan terhadap serangan rayap. Seperti yang kita ketahui bersama, rayap merupakan serangga yang sangat suka menggerogoti kayu. Rayap suka menggerogoti kayu termasuk plafon.

Rayap akan membuat plafon menjadi keropos dan tidak aman. Lantai rumah juga menjadi kotor karena rayap menggerogoti kayu dan membuang limbahnya kebawah. Apabila plafon kalian diserang rayap tidak perlu khawatir. Cobalah untuk menggunakan obat serangga agar rayap mati dan hilang.

Cara lain yang bisa dilakukan agar rayap hilang adalah dengan memberikan oli bekas. Oli bekas kendaraan bisa digunakan untuk mengusir rayap. Caranya sangatlah mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan oli bekas kendaraan pada lubang atau bagian yang terserang rayap. Setelah itu biarkan beberapa saat dan lihat hasilnya. Rayap akan pergi dan tidak akan membuat lubang didaerah yang diolesi oli.

Cara Atasi Plafon Rusak

Sambungan Plafon Mengalami Keretakan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. plafon yang dipasang oleh penyedia jasa pasang plafon akustik murah juga bisa mengalami masalah ini. plafon yang dipasang akan mengalami keretakan seiring berjalannya waktu. Apalagi jika jasa serta material plafon yang digunakan memiliki kualitas yang buruk.

Terdapat dua jenis keretakan yang bisa terjadi. Yang pertama adalah keretakan ringan. Keretakan ringan adalah jenis keretakan yang tidak terlalu besar. Keretakan pada sambungan bisa dikatakan sangat minim karena berukuran kecil. Meskipun demikian, apabila tidak segera dibetulkan dapat mengancam keselamatan penghuni rumah.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menyulam retakan yang ada. Retakan dapat ditambal dengan memasang atau menempel compound pada retakan. Setelah memasang compound pada retakan, langkah selanjutnya addalah mengamplas. Pengamplasan dilakukan agar permukaan plafon terlihat halus dan seperti semua.

Kerusakan yang kedua adalah kerusakan berat. Kerusakan atau retakan berat ini tidak dapat diperbaiki. Jika bisa diperbaiki, kemungkinan hasilnya tidak maksimal dan akan berbahaya. Jika sambungan plafon mengalami retakan yang besar, sebaiknya lakukan penggantian. Penggantian lebih dianjurkan mengingat plafon yang tidak bagus sangat beresiko.

Apabila plafon jatuh bisa jadi akan menimpa penghuni dibawahnya. Apabila hal ini terjadi maka biaya yang dikeluarkan semakin besar. Lebih baik mengganti demi keselamatan seluruh penghuni rumah daripada memperbaiki dengan resiko yang besar.

Demikian artikel mengenai solusi serta masalah yang bisa terjadi pada beberapa jenis plafon. Persiapkan segala material bangunan dengan baik agar tidak terjadi masalah yang terlalu serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *