Cara Mudah Membersihkan Jamur Pada Lantai Beton
Konstruksi

Cara Mudah Membersihkan Jamur Pada Lantai Beton

Jangan biarkan lumut tumbuh pada lantai beton di rumah. Lumut akan mudah muncul pada lantai beton di luar rumah, baik itu teras atau belakang rumah. Ketika lantai beton tidak tertutup dengan atap, maka sangat mudah untuk meningkatkan tingkat kelembabannya. Inilah asal mula lumut akhirnya tumbuh merajalela.

Ketika lumut pertumbuhannya tidak diperhatikan dan dibiarkan saja maka kerusakan dalam jangan panjang tidak dapat dihindari. Jangan remehkan lumut yang tumbuh, karena tingkat kelembaban yang tinggi dapat menghancurkan material beton secara perlahan. Dari sinilah sebaiknya Anda mulai memperhatikan lumut yang tumbuh di area rumah.

Beberapa area yang juga sering terekspos oleh lumut adalah atap, dinding bagian luar rumah dan juga kamar mandi. Jika bagian tersebut terkena air terus menerus, maka disanalah lumut akan tumbuh. Bagi lantai beton, satu-satunya cara untuk mencegah lumut untuk muncul adalah dengan floor hardener.

Jenis pengeras lantai yang sangat direkomendasikan adalah epoxy. Epoxy adalah cairan yang akan menutup lantai beton secara sempurna, menutupinya bak plastik. Sehingga ketika lantai terkena air hujan dari luar tidak akan mudah meresap. Sebaliknya, kelembaban dari bawah lantai yaitu tanah tidak akan memicu lumut tumbuh di permukaan lantai.

Cara Menghilangkan Lumut pada Lantai Beton

Namun bagaimana jika ternyata lantai beton dirumah telah ditumbuhi oleh jamur? Apakah bisa langsung dilapisi dengan floor hardener? Jawabannya adalah tidak. Lumut terlebih dahulu harus dibersihkan sehingga tidak mengganggu proses pengaplikasian epoxy. Nah untuk memudahkan langkah Anda membersihkan lumut, ikuti cara-cara berikut ini.

Langkah 1

Tuangkan air panas ke seluruh permukaan lantai yang berlumut. Air panas adalah bahan yang akan mematikan lumut sehingga nantinya mudah untuk dibersihkan. Berhati-hatilah ketika menuangkan air panas, jadi gunakan sarung tangan.

Jangan lupa juga gunakan masker agar tidak menghirup bau dari lumut yang cukup berbahaya. Hilangkan lumut dengan scrape, bisa juga dengan sikat kawat. Pastikan semua lumut hilang dari permukaan lantai.

Langkah 2

Bubuhkan baking soda yang sudah dicampur dengan perasan lemon. Perpaduan kedua bahan ini akan menetralisir permukaan beton yang tadinya ditumbuhi lumut. Setidaknya Anda tidak akan mencium aroma keras dari lumut yang tadinya muncul.

Biarkan bubuk tersebut di atas permukaan lantai beton selama seharian. Setelah itu baru bersihkan seluruhnya dengan sapu.

Langkah 3

Buatlah campuran larutan dari bleaching (pemutih pakaian) dan juga air hangat. Campurkan kedua bahan ini akan mematikan bakteri penumbuh lumut. Anda bisa mencampurkannya di dalam botol semprot agar nantinya mudah untuk digunakan. Larutkan keduanya dengan perbandingan 1:1, kenakan kacamata, sarung tangan karet dan makser sebelum mengaplikasikan.

Langkah 4

Semprotkan semua larutan yang tadinya telah dibuat, lakukan merata ke area yang tadinya telah ditumbuhi lumut. Diamkan selama 30 detik kemudian semprotkan kembali. Anda juga bisa menggunakan sikat untuk membersihkan sisa-sisa lumut yang masih menempel.

Apabila semua bekas lumut sudah hilang dan warnanya kembali saatnya untuk membersihkan lantai dengan air.

Langkah 5

Semprotkan air ke area lantai yang tadi sudah dibersihkan. Semprot sambil disikat hingga semua bahan bleaching yang tertinggal hilang. Lakukan bertahap hingga benar-benar semua lantai terbebas dari lumut dan bahan bleaching.

Pel lantai dengan kain yang kering, diamkan lantai hingga mengering dengan sendirinya. Lantai yang sudah kering baru bisa dilapisi dengan epoxy. Harga floor hardener sendiri tidak terlalu mahal, Anda bisa menghubungi jasa terdekat untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *