Dekorasi,  Material

Cara Mudah Perawatan Plafon Gypsum Agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Perawatan Plafon Gypsum

Untuk menjadikan rumah yang nyaman, biasanya orang-orang menggunakan plafon. Selain dapat memberikan kenyamanan, plafon juga dapat menambah estetika rumah Anda. Dengan beragam pilihan model dan harga, Anda dapat mewujudkan keduanya. Namun, perlu Anda ketahui, dengan budget yang minim pun Anda bisa memenuhi keinginan Anda. Tidak hanya itu, untuk mencapai kenyamanan, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan atau perawatan rumah. Tidak terkecuali plafon. Hal ini karena plafon menjadi titik pAndang yang sangat strategis. Terlebih lagi, jika terdapat lampu. Nah, mungkin Anda juga bertanya bagaimana caranya agar plafon Anda tetap bersih dan tahan lama. Berikut adalah cara mudah perawatan plafon gypsum.

 

1. Hindarkan dari air

Karena gypsum plafon dipasang di langit-langit rumah, tidak menjamin plafon dapat terhindar dari air. Misalnya, saat hujan tiba, air mudah akan meresap ke dalam plafon. Hal ini akan membuat rumah Anda menjadi tidak cantik lagi dan tentunya menjadi tidak tahan lama. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu melakukan pencegahan dini, atau perbaikan sehingga air tidak meresap ke dalam plafon.

 

2. Hindarkan dari benturan

Ketebalan plafon gypsum yang kurang lebih 9 hingga 12 mm ini, memang tidak tahan terhadap benturan. Untuk itu, Anda perlu hati-hati dalam melakukan perawatan plafon.

 

3. Perawatan rutin

Rumahku adalah surgaku. Agar Anda nyaman, tentu bukan hanya persoalan seberapa bagus rumah Anda. Melainkan seberapa bersih hunian Anda. Jika Anda sebagai penghuni tidak telaten untuk membersihkan dan merawat rumah Anda, bagaimana bisa Anda hidup nyaman? Toh cara merawatnya pun mudah. Selama 4 bulan sekali Anda perlu melakukan pengecekan terhadap plafon Anda, kalau saja terdapat kerusakan Anda bisa langsung memperbaikinya. Nah, untuk kebersihannya pun jangan menunggu 4 bulan, ya? Meskipun plafon gypsum minimalis, Anda harus tetap melakukan perawatan rutin. Anda bisa membersihkannya setiap hari atau seminggu sekali agar terhindar dari debu dan tetap terlihat seperti baru.

 

4. Gunakan alat pembersih

Ketinggian plafon tiap rumah berbeda-beda. Jika ketinggian mencapai 2,5 hingga 3 m, maka Anda memerlukan bantuan alat pembersih untuk memudahkan membersihkan kotoran yang menempel pada plafon. Anda bisa membelinya di toko, atau Anda pun dapat merangkainya sendiri. Caranya dengan menggunakan gagang sapu. Pada ujung gagang sapu, tempelkan lap atau bisa. Kemudian sambung keduanya menggunakan tali rafia atau karet. Pastikan Anda mengikatnya dengan kuat agar tidak jatuh saat digunakan. Nah, cara penggunaannya, yaitu dengan menempelkan lap pada bagian plafon yang kotor kemudian disapu pelan-pelan. Jika dirasa plafon masih terlalu tinggi Anda dapat menggunakan bangku atau sejenisnya untuk membantu membersihkan plafon rumah Anda.

Jika pada plafon terdapat kotoran yang sukar dihilangkan Anda dapat menggunakan kertas scap atau amplas. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengamplas plafon tersebut. hal ini, bertujuan agar plafon tidak rusak ataupun tergores

 

5. Cat ulang plafon

Apabila plafon sudah melewati tahap perawatan, namun kotoran juga masih belum hilang, Anda dapat menggunakan cara yang terakhir ini, yaitu melakukan cat ulang. Cara ini bertujuan untuk menyamarkan kotoran yang menempel pada plafon. Selain itu, juga dapat memberikan kesan baru pada plafon. Dengan demikian Anda akan semakin betah di rumah. Tidak hanya Anda, mungkin tamu-tamu Anda juga akan betah berlama-lama di rumah Anda.

Nah, dari penjelasan di atas, sangat mudah, bukan untuk merawat plafon gypsum? Jangan pernah menunggu ada kotoran yang mengeras di plafon. Anda harus tetap menjaga keamanan rumah Anda dengan merawat dan membersihkan secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *