Cara Pasang Lantai Parket
Dekorasi

Penasaran Gimana Cara Pasang Lantai Parket? Ini Langkah-langkahnya!

Seperti yang kita tahu, lantai menjadi salah satu elemen interior yang penting dan tidak boleh asal pilih. Selain dari segi tampilan yang cantik dan menyejukkan mata, lantai dinilai perlu memiliki ketahanan yang kuat dan awet dalam waktu yang lama. Hal inilah yang membuat variasi lantai semakin banyak. Tidak hanya lantai keramik, sekarang dikenal pula lantai parket atau lantai kayu yang mulai menjadi minat masyarakat.

Tapi sebenarnya apa sih lantai parket itu? Sama-kah dengan lantai kayu biasa yang sering diaplikasikan di rumah-rumah tradisional Indonesia? Lantai ini pada dasarnya memang berbahan utama kayu. Namun berbeda dengan lantai kayu biasa, karena perlu dilakukan pemrosesan sedemikian rupa sehingga jadi lebih awet, tidak mudah dimakan rayap, dan pastinya memiliki tampilan visual yang jauh lebih cantik. Oleh karena itu, perawatannya juga tidak sembarangan agar lantai ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Langkah-langkah Pemasangan Lantai Parket

Cara Pasang Lantai Parket

Untuk pemasangan lantai parket, biasanya orang akan meminta yang lebih ahli untuk menangani hal ini. Selain lebih cepat, pemasangannya juga akan sesuai dengan prosedur yang seharusnya, jadi kita tidak perlu khawatir dengan terjadinya kesalahan. Tapi jika ingin memasangnya sendiri, maka beberapa langkah pemasangan berikut ini bisa kamu ikuti.

1. Periksa Keadaan Lantai

Sebelum memasang lantai kayu, kamu harus mengecek terlebih dulu permukaan lantai apakah sudah rata atau belum.  Jika belum, ratakan dulu dengan semen. Pastikan setiap bagian lantai memiliki ketinggian yang sama.

2. Setelah permukaan lantai dinilai rata, persiapkan semua alat dan bahan yang akan dibutuhkan. Adapun di antaranya, yaitu:

  • Parket
  • Paku dan palu
  • Lem
  • Meteran
  • Ampelas

3. Mulai dari tahap ini, proses pemasangan dimulai. Mula-mula bersihkan terlebih dulu permukaan lantai dengan cara disapu. Setelah bersih, aplikasikan lem pada permukaan lantai. lalu tempelkan lantai kayu pada permukaannya dimulai dari ujung sisi kiri sampai ke ujung sisi kanan. Jangan lupa untuk memasang benang diatas lantai kayu yang akan dipasang untuk mencegah terjadinya kemiringan. Caranya dengan melilitkan benang pada paku lalu ditancapkan pada dinding dari sisi kiri hingga sisi kanan.

4. Sebelum melakukan penempelan parket pada permukaan lantai, kamu perlu tahu bahwa metode pemasangan lantai ini sedikit berbeda. Salah satu sisinya terdapat sisi lidah sementara sisi lainnya berlubang. Sudah paham cara kerjanya, bukan? Kamu harus menempatkan setiap lantai kayu sesuai dengan sisi-sisinya menggunakan sistem klik. Jika setiap lembaran sudah dipasang, pukul dengan palu agar dapat terpasang kuat. Disarankan memukulnya menggunakan palu karet untuk mencegah terjadinya kerusakan.

5. Langkah terakhir adalah tahap finishing. Setelah selesai memasang semua lembaran kayu pada permukaan lantai, lakukan pengampelasan. Hal ini untuk mencegah tidak ratanya lembaran kayu yang sudah terpasang. Pada tahap ini kamu bisa menggunakan ampelas dan mesin ampelas untuk meratakannya.

6. Setelah semua proses pemasangan lantai selesai, yang paling penting untuk dilakukan mulai dari sini adalah perawatan yang baik. Jaga temperatur ruangan agar tidak lembap karena cenderung berisiko merusak lembaran kayu yang telah dipasang. Selain itu untuk membersihkannya, kamu hanya perlu menyapu dan mengepelnya seperti biasa. Hanya saja untuk mengepel, jangan terlalu sering dan pastikan kain pel tidak terlalu basah agar kualitas lantai tetap terjaga.

Nah itulah langkah-langkah dalam pemasangan lantai parket. Terdengar mudah, bukan? Namun perlu diingat, kamu harus teliti pada setiap langkah pemasangannya. Hal ini dikarenakan sering terjadi ketidaksesuaian tinggi papan satu dengan yang lainnya akibat tidak melekat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *