Fungsi Box Culvert
Konstruksi

Fungsi Box Culvert Dalam Dunia Konstruksi

Semakin canggihnya teknologi saat ini berpengaruh besar pada dunia konstruksi. Berbagai inovasi muncul demi meningkatkan kinerja, kualitas, dan keefektifan waktu bekerja. Salah satunya adalah box culvert, benda berbentuk kotak yang terbuat dari beton precast ini lazim digunakan pada saluran air atau lebih dikenal dengan gorong-gorong.

Mengenal Box Culvert Sekalian Fungsinya 

Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada bentuk lain seperti bulat dan segitiga, sebab pembuatannya berdasarkan pada permintaan. Untuk ukuran dan dimensi pun beragam namun ada standar yang biasa dipakai sebagai acuan yang terlah di tentukan oleh pabrik berdasarkan perkiraan banyaknya debit air yang mengalir. Lalu apa sebenarnya fungsi beton gorong-gorong ini?

1. Bahan konstruksi bawah tanah 

Fungsi utama dari box culvert ini adalah sebagai material kontruksi bawah tanah? Mengapa demikian, tentu alasannya adalah karena material ini sangat kuat sehingga mampu menopang beban benda di atas tanah seperti kendaraan yang melintas. Bahan dasarnya sendiri terbuat dari campuran cloride, baja, semen, pasir, dan bahan pembuat beton lainnya.

Sebab termasuk sebagai beton bertulang yang memiliki gaya tarik dan daktilasi yang lebih seimbang dan stabil. Oleh karena itu sangat cocok digunakan sebagai kontruksi saluran air di beberapa area seperti :

  1. Gorong-gorong jalan raya.
  2. Gorong-gorong masjid besar.
  3. Gorong-gorong kereta api.
  4. Instalasi sistem pengisian air tanah.
  5. Terowongan bawah tanah.
  6. Jembatan.
  7. Material tambahan untuk kontruksi area peternakan.
  8. Materia kontruksi area khusus pejalan kaki. Dan masih banyak lagi.

Khusus untuk pembuatan jembatan dan terowongan yang menggunakan beton ini hanya bisa diterapkan pada kontruksi bentang pendek saja.

2. Kedap air

Syarat wajib material kontruksi saluran air adalah harus kedap air baik air yang mengalir di dalam beton maupun air tanah. Jika material tidak kedap air maka akan terjadi kebocoran dan rembes. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, kontruksi bisa hancur dan sangat berbahaya bagi orang dan lingkungan sekitar.

3. Posisinya stabil

Tanah selalu mengalami pergerakan atau pergeseran. Faktor pemicunya bisa berasal dari air tanah, pergerakan lempeng bumi, dan lain sebagainya. Pada kondisi pergeseran ringan box culvert mampu mempertahankan posisinya. Hal ini dikarenakan desain beton yang terdiri dari 2 sambungan yaitu socket dan spigot.

Kedua sambungan ini mampu mengunci posisi beton, berbentuk seperti pipa yang mempunyai menyambungkan antar beton menjadi satu kesatuan utuh. Terutama spigot yang memiliki keistimewaan berupa kedap air. Alhasil sambungan antar beton menjadi rapat dan tak mudah ditembus air.

4. Proses pembangunan menajadi lebih cepat

​​​​​Lamanya proses pembangunan terkadang menimbulkan masalah, apalagi dalam hal pengerjaan saluran air. Sebab selain menambah biaya juga mengganggu aktivitas lalu lintas harian, sebut saja macet dan lingkungan menjadi kotor.

Dengan adanya beton jadi anda tak perlu repot membuat adonan beton dan mencetaknya sendiri. Cukup memesan pada pabrik dan sesuaikan ukuran, bentuk, serta jumlah yang dibutuhkan. Cara memasangnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menggali lubang pada tanah sebesar ukuran beton saja, kemudian susun dan barisan beton ini dengan rapi.

Harga box culvert jika dibandingkan dengan pipa plastik atau pipa besi tentu jauh lebih mahal, namun manfaatnya bisa anda rasakan dalam jangka waktu yang panjang, hingga puluhan tahun dengan syarat bahan baku berkualitas terbaik, tidak ada bencana alam, dan proses pemasangan yang sesuai dengan prosedur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *