Cara Membersihkan Karpet Bulu
Dekorasi

Inilah Fakta Unik Seputar Cara Membersihkan Karpet Bulu yang Perlu Diketahui

Penggunaan karpet sebagai penghias pada interior untuk hunian ataupun perkantoran tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Karpet dianggap sebagai aksesoris yang cukup ampuh dipakai untuk membuat ruangan lebih terlihat cantik. Dengan semakin berkembangnya zaman membuat karpet lantai semakin banyak dipakai, salah satu contohnya karpet bulu yang sering dijumpai di kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dan bahkan ruang makan.

Fakta Unik tentang Cara Membersihkan Karpet Bulu

Karpet bulu memang dianggap lebih mewah dan menawan jika digunakan sebagai aksesoris interior hunian, hotel, dan perkantoran. Harga karpet bulu juga dibandrol cukup mahal dibanding jenis karpet lainnya. Namun dibalik kemewahannya, ternyata ada beberapa fakta unik yang wajib diketahui dalam membersihkannya.

1. Cara Membersihkan Debu Kotoran yang Menempel

Karpet bulu cenderung memiliki serat yang panjang, sehingga debu kotoran lebih mudah terjebak didalamnya. Untuk membersihkan debu pada karpet jenis bulu, bisa dilakukan 1 (satu) minggu 2 (dua) kali  atau tergantung kebutuhan saja. Cara membersihakannya cukup mudah yaitu pada debu yang tidak terlalu banyak menempel bisa dengan cara mengibas – ngibaskan kan karpet diluar rumah, apabila masih ada sisa kotoran yang sulit jatuh bisa memakai vacum cleaner.

Usahakan dalam melakukan penyedotan debu, lakukan pada 2 (dua) sisi karpet. Selain itu, Anda bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan rambut atau bulu hewan peliharaan yang masih tertinggal di permukaan karpet. Sikatlah dengan lembut agar serat pada karpet bulu tidak rusak.

2. Cara Menghilangkan Noda yang Membandel

Jika karpet bulu terkena noda pasti akan terserap dengan cepat, karena serat lembut pada karpet berbahan bulu membuat cairan lebih mudah masuk. Apabila ada noda yang membandel dan sulit hilang, bisa memakai campuran cuka dan air lemon atau soda kue. Bahan ini dianggap lebih aman untuk karpet bulu dibandingkan dengan detergen biasa. Caranya semprot campuran cuka dan air lemon keatas noda, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan hairdryer. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau pada Karpet Bulu?

Menurut toko lantai karpet dalam merawat karpet berbahan bulu harus lebih ekstra hati – hati dibanding dengan karpet berbahan lainnya. Apalagi jika karpet kotor akibat noda yang menempel dan meninggalkan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tersebut bisa memakai beberapa bahan alternatif seperti bedak bayi, soda kue, atau bubuk kopi. Caranya taburkan salah satu bahan bubuk tersebut di atas karpet yang berbau, kemudian tunggu selama 12 jam atau semalaman. Setelah itu, bersihkan dengan vacum cleaner atau sikat khusus dan pastikan tidak ada bubuk yang tersisa di karpet bulu.

Perawatan karpet bulu yang sudah dibahas di atas bisa diterapkan juga untuk karpet lantai jenis lainnya. Apabila karpet sudah benar-benar kotor dan tidak bisa dibersihkan sendiri, maka bisa meminta  bantuan jasa profesional untuk membersihkannya. Tidak ada salahnya mengeluarkan biaya cukup mahal agar karpet bulu Anda tetap terjaga kelembutannya.

Harga karpet yang beraneka ragam membuat perawatannya juga berbeda pula. Untuk karpet jenis bulu usahakan jangan memakai sapu berbahan kasar untuk membersihkan kotoran karena bisa merusak dan membuat rontok bulu – bulu halusnya. Itulah berbagai fakta unik tentang cara membersihkan karpet bulu yang wajib diketahui, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *