kelebihan-gypsum
Dekorasi,  Material

Hadir dengan 5 Kelebihan Tersendiri, Gypsum Lebih Unggul Dibanding Material Partisi Lainnya

 

Gypsum merupakan salah satu bahan bangunan yang saat ini sangat populer di berbagai kalangan masyarakat. Di kota-kota besar, bahan ini diaplikasikan dalam setiap interior ruangan. Bahan ini berwarna putih polos bersih, biasanya digunakan sebagai dinding atau plafon. Keunggulannya dibandingkan bahan lain menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan. Bahkan partisi dinding di seluruh daerah di Indonesia selalu merekomendasikan bahan ini dalam setiap pemasangan dinding suatu ruangan.

5 Kelebihan Bahan Gypsum Dibandingkan Bahan Lain

Bagi anda yang berminat menggunakan bahan gypsum dalam pemasangan dinding ruangan tak perlu khawatir, saat ini para partisi dinding gypsum akan sangat mudah kita temukan di berbagai daerah. Namun sebelum menentukan pilihan pada bahan ini, alangkah baiknya kita ketahui beberapa kelebihannya dibandingkan bahan lain, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ramah Lingkungan

Sudah teruji secara internasional bahwa bahan gypsum memiliki zat yang tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan sekitar. Bahkan efek radiasi gypsum sangat jauh dibawah rata-rata bahan bangunan lain seperti batu-bata, selain itu zat kimia yang ditimbulkan tidak akan memberikan efek apapun terhadap makhluk hidup terutama kesehatan manusia.

2. Memiliki Ketahanan Terhadap Api

Bila terjadi kebakaran pada suatu bangunan atau rumah, api akan dengan cepat merambat keseluruh ruangan. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya bahan bangunan yang memiliki zat mudah terbakar sehingga api akan cepat merambat, namun berbeda dengan bahan gypsum yang memiliki ketahanan terhadap api. Bahan gypsum sudah teruji akan menghambat penyebaran api pada material lain, sehingga resiko kebakaran yang parah akan terhindari.

3. Harga yang Terjangkau dan Pemasangan yang Mudah

Salah satu hambatan dalam perencanaan pembangunan adalah menentukan budget dalam pembelian biaya bahan-bahan bangunan. Bahan bangunan yang memiliki harga tinggi akan menjadi beban tersendiri bagi banyak orang. Namun berbeda dengan bahan lain, salah satu kelebihan bahan gypsum yaitu memiliki harga yang sangat terjangkau, meskipun harganya murah namun kualitas bahan ini sudah tidak diragukan lagi. Selain itu bahan gypsum sangat mudah untuk dipasang dengan desain yang beragam, sehingga lebih efisien dan efektif dalam pengerjaannya serta merawat plafon gypsum.

4. Memiliki Ketahanan Terhadap Gempa

Meskipun memiliki bobot yang ringan, bahan gypsum sudah terbukti memiliki ketahanan terhadap segala benturan bahkan gempa. Bencana alam seperti gempa tidak dapat diketahui kapan akan terjadi, bahkan akan terjadi kapan saja secara tiba-tiba. Ketika bencana gempa terjadi setiap bangunan atau rumah akan mengalami kerusakan yang fatal hingga benar-benar hancur tak tersisa, namun tak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali inovasi dalam pembangunan yang akan mencegah dan meminimalisir kerusakan akibat gempa, salah satunya adalah bahan gypsum. Bila bahan gypsum diaplikasikan pada interior suatu bangunan sebagai dinding dan atap, sudah dipastikan bahwa kerusakan fatal akibat gempa tidak akan pernah terjadi.

5. Memiliki Bobot yang Ringan dan Bersifat Fleksibel

Hampir setiap bahan bangunan memiliki bobot yang berat dan sangat sulit untuk diaplikasikan pada interior ruangan. Namun tidak demikian dengan bahan gypsum, dengan bobotnya yang ringan dan sifatnya yang fleksibel menjadikan bahan gypsum memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan bahan lain. Hal ini telah banyak dimanfaatkan pada partisi dinding dalam mendesain pemasangan dinding dengan beragam bentuk yang unik.

Setiap bahan bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, alangkah baiknya kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam setiap pembangunan. Hal yang harus diingat adalah pastikan untuk memilih bahan yang memiliki kualitas yang baik dan aman untuk digunakan, sehingga setiap bangunan atau hunian akan berdiri kokoh dan mampu bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *