Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYY
Kelistrikan

Kupas Tuntas Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYY

Kabel NYY merupakan jenis kabel yang memiliki inti serabut dengan jumlah lebih dari satu. Untuk setiap inti kabel tersebut diberi lapisan isolator dengan warna yang berbeda-beda. NYY dianggap menjadi salah satu kabel yang cocok digunakan dalam instalasi listrik tetap.

Kabel ini jika dibandingkan jenis kabel yang lain dianggap memiliki banyak kelebihan. Namun, sebenarnya selain memiliki kelebihan ia juga memiliki kekurangannya sendiri. Ada kelebihan dan kekurangan apa saja dari model kabel yang satu ini? Yuk simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Kabel NYY

Kabel NYY dianggap memiliki beragam kelebihan jika dibandingkan dengan kabel lain yang hampir serupa. Ada kelebihan apa saja yang dimiliki oleh NYY? Berikut adalah daftar lengkapnya.

1. Tingkat Keamanan yang Lebih Tinggi

Salah satu kelebihan dari NYY hadir dari tingkat keamanannya. Kabel ini dianggap memiliki tingkat keamanan lebih tinggi karena setiap intinya dilapisi dengan isolator. Lapisan isolator yang membungkus inti kabel ini hadir dengan warna yang berbeda-beda.

Inilah yang membuat keamanan kabel tersebut menjadi lebih tinggi. Pasalnya adanya isolato yang berlapis membuat perlindungan kabel menjadi lebih kuat sehingga kabel lebih aman ketika digunakan.

2. Kabel yang Lebih Kuat

Selain aman, kabel NYY juga dikenal dengan kekuatan isolatornya. Sudah menjadi rahasia umum jika lapisan isolator kabel ini terbuat dari bahan yang tebal serta kuat. Ini membuat kabel menjadi tidak mudah rusak. Akibat kekuatannya ini, maka NYY banyak digunakan untuk kebutuhan outdoor.

Isolator dari kabel ini juga memiliki anti gigitan tikus yang membuatnya menjadi lebih aman ketika diletakkan dalam tempat yang rawan serangan hewan pengerat tersebut. Namun, bila ingin menambah proteksi berlapis untuk NYY, tak ada salahnya menempatkan kabel di dalam pipa guna memperkecil peluang serangan tikus maupun kerusakan akibat kondisi lingkungan tempat kabel diletakkan.

3. Bisa Ditanam di Dalam Tanah

Mencari jenis kabel yang dapat ditanam di tanah? NYY menjadi solusi yang tepat. Pasalnya bahan yang kuat dari isolator NYY membuatnya mampu bertahan ketika ditempatkan di dalam tanah. Baik dalam tanah kondisi lembab maupun kering. Hal ini karena sejak awal memang NYY diperuntukkan untuk penggunaan kabel dalam tanah maupun outdoor.

Hal ini berbeda dengan kabel-kabel serupa dengan NYY, seperti NYM yang masih tidak diperbolehkan untuk ditanam langsung ke dalam tanah. Hanya saja untuk kondisi tertentu sebaiknya menambahkan pipa sebagai lapisan terluar dari kabel guna mencegah kerusakan.

Kekurangan Kabel NYY

Setelah puas membahas kelebihan dari kabel NYY selanjutnya akan dibahas lebih lanjut mengenai kekurangan dari kabel yang satu ini. Inilah beberapa kekurangan yang hadir dari NYY.

1. Harga Kabel NYY  yang Lebih Mahal

Kekurangan pertama muncul dari segi harga. Harus diakui jika harga kabel NYY cukup berbeda jauh jika dibandingkan kabel lain untuk instalasi rumah seperti NYA maupun NYM. Hanya saja sebenarnya harga yang lebih mahal ini dapat ditoleransi, mengingat bahan yang dimiliki dari kabel ini juga lebih kuat dan membuatnya tahan lebih lama di berbagai kondisi lingkungan.

2. Bahan Isolator yang Lebih Kaku

Selain kuat sebenarnya bahan isolator yang dipakai pada NYY lebih kaku jika dibandingkan jenis isolator lainnya. Ini membuat NYY menjadi lebih susah jika diaplikasikan untuk daerah yang memiliki banyak belokan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kabel NYY. Ternyata selain memiliki kelebihan, rupanya pada NYY juga terdapat beberapa kekurangan. Salah satunya adalah dari segi harga. Dimana harga kabel NYY jauh lebih mahal dibanding jenis kabel lain yang hampir serupa. Memahami kelebihan dan kekurangan kabel ini dapat menjadi salah satu pertimbangan ketika nantinya memilih kabel untuk digunakan dalam instalasi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *