Konstruksi,  Material

Mengenal Peralatan Tukang Kayu Modern

Dunia pertukangan kayu terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu seiring dengan makin berkembannya perkakas pertukangan. Semakin lengkap peralatan tukan kayu ini makin menambah berbagai motif dan desain interior . Kemajuan ini terutama karena makin berkembangnya berbagai peralatan pertukangan berbasis elektrik. Secara umum, pertukangan kayu ada dua jenis yaitu pertukangan manual (hand tools) dan elektrik (power tools).

Perkakas Manual (Hand Tools) yang Masih Digunakan Hingga Kini

Perkakas manual penting digunakan para tukang untuk merencanakan desain produk yang akan diproduksi. Perkakas ini tidak dapat diwakilkan dengan peralatan mesin. Berdasarkan peralatan manual inilah keterampilan seorang tukang kayu diuji.

1. Meteran (Measure)

Sesuai namanya, alat ini dingunakan untuk melakukan pengukuran panjang, lebar, dan tinggi suatu bidang atau ruang.

 

2. Pensil (Carpenter’s Pencil)

Pensil digunakan untuk memberi tanda atau  pola pada bidang yang akan dipotong, dilubangi, atau menandai suatu titik.

3. Penggaris Siku (Squares)

Penggaris Siku

Penggaris siku berbentuk siku-siku digunakan untuk menggaris tegak lurus atau 45 derajat terhadap suatu bidang yang akan dipotong.

 

4. Palu (Hammer)

Palu

Palu digunakan untuk memukul paku atau pasak. Palu ada yang terbuat dari kayu ada juga yang terbuat dari besi. Untuk membuat perabotan rumah tangga yang halus dan indah seperti rak TV, cabinet, partisi kayu, sebaiknya jangan menggunakan paku dan palu. Gunakanlah bor dan sekerup untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

 

5. Obeng Minus dan Plus

Obeng Minus dan Plus

Obeng digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan sekerup. Obang minus berbentuk pipih dan obeng plus berbentuk silang.

 

6. Pahat (Chisel)

Pahat

Pahat digunakan untuk membuat lubang persegi atau membuat lubang persegi yang menembus kayu. Pahat juga berperan untuk menghaluskan dan merapihkan bagian kayu yang bergelombang.

 

7. Gergaji Tangan (Hand Saw)

Gergaji Tangan

Gergaji tangan digunakan untuk memotong atau membelah kayu berukuran sedang atau kecil. Jika kayu yang akan dipotong berukuran besar atau lebar, biasanya digunakan gergaji mesin.

 

8. Tang (Pliers)

Tang

Tang digunakan untuk mencabut paku atau memegang benda kecil agar tidak goyang dan terlepas ketika sedang mengerjakan proyek.

 

9. Prusut Kayu (Wood Mallet)

Prusut Kayu

Prusut adalah alat ukur dengan tingkat presisi yang tinggi. Ukuran dengan jarak yang sama dengan mudah dapat menggunakan alat ini.

 

Perkakas Elektrik

Perkakas elektrik adalah peralatan tukang kayu yang dimodernisasi dari peralatan yang dahulu dikerjakan secara manual (by hand) . Perkakas elektrik hanya dapat dilakukan setelah dibuat pola berdasarkan desain yang telah dibuat. Dengan menggunakan perkakas elektrik, maka pekerjaan yang dahulu dikerjakan sangat lama, menjadi sangat cepat dan akurat. Misalnya gergaji mesin sangat cepat memotong balok-balok kayu daripada digergaji secara manual.

1. Mesin Serut (Shaving Machine)

Mesin Serut

Mesin ini pengganti serut manual yang akrab bagi para tukang kayu, digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu. Dengan mesin serut, hasil kerja lebih mudah, lebih rata, dan lebih cepat daripada yang menggunakan serut manual.

 

2. Gergaji Mesin (Saw Machine)

Gergaji Mesin

Ada beberapa jenis mesin potong ini, dengan keperluan yang berbeda. Kebanyakan istilah yang digunakan masih bebahasa Inggris mengingat berbagai perkakas mesin ini berasal dari Eropa.

Baca juga: Yuk, Dekorasi Ruang Tamu dengan Batu Marmer Material Mewah yang Mempesona

3. Mesin Bor (Drill Machine)

Mesin Bor

Mesin bor digunakan untuk membuat lubang secara cepat dan akurat. Alat ini sangat tepat untuk membuat perabot rumah tangga dengan hasil halus. Alat ini biasa digunakan sebagai pengganti paku. Perabotan rumah tangga seperti meja, lemari, partisi kayu minimalis, rak buku dan perabotan lain dapat dibuat dengan estetika tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *