Tips Memilih dan Memasang Cermin
Dekorasi

Tips Memilih dan Memasang Cermin di Rumahmu

Rumah bisa menggambarkan kepribadian pemiliknya yang pastinya berdampak pada kepuasan dan kenyamanan orang yang menempatinya. Apalagi rumah dilengkapi dengan berbagai desain yang menarik dan unik, serta berbagai funiture yang mendukung konsep desain yang diusung, tentunya akan semakin menambah karakter dari rumah anda. Untuk itulah perlu kiranya menentukan berbagai interior rumah yang cocok dengan desain rumah anda. Salah satunya adalah pada pemilihan cermin atau kaca muka.

Cermin atau kaca muka tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, tetapi juga memberikan kesan hidup pada rumah anda. Kaca muka memberikan elemen estetika pada ruangan rumah anda. Namun, perlu diperhatikan dalam pemilihan dan pemasangan dari kaca muka ini agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Cara Memilih Cermin dengan Benar

Berikut merupakan tips yang direkomendasikan untuk anda lakukan jika ingin membuat ruangan rumah anda semakin indah dengan adanya kaca muka. Simak penjelasan berikut ini:

  1. Pilih Warna Bingkai Kaca Muka yang Sesuai dengan Dinding Rumah

Keselarasan dalam warna merupakan komponen yang harus anda pikirkan. Pilih warna bingkai kaca muka yang selaras dengan warna dinding ataupun funiture yang ada di sekitar kaca muka. Agar lebih aman dalam memilih warna, anda bisa menggunakan warna netral pada bingkai, seperti warna hitam, silver, ataupun coklat. Hal ini membuat ruangan rumah anda jadi lebih indah dipandang.

  1. Tentukan Ukuran Kaca Muka

Ukuran sangat mempengaruhi konsep rumah anda secara keseluruhan. Jika rumahmu kecil, maka diperlukan kaca muka dengan ukuran besar yang anda letakkan di ruangan utama. Konsep seperti ini akan memberikan kesan mewah pada rumah anda.

  1. Pilih Bentuk Kaca Muka yang Mendukung Desain Rumah

Bentuk kaca muka juga perlu anda perhatikan dalam hal ini. Misalnya saja, jika anda mengusung desain kontemporer pada rumah anda, maka bentuk kaca muka yang sesuai adalah lingkaran ataupun yang berbentuk persegi empat.

  1. Bersihkan Kaca Muka

Perawatan juga sangat penting untuk anda lakukan. Bersihkan kaca muka dari debu dan kotoran secara teratur menggunakan lap kering. Anda bisa gunakan bahan alami seperti cuka putih dan pasta gigi untuk membersihkan kaca muka dan membuatnya menjadi lebih berkilau.

  1. Pasang Kaca Muka dengan Cara yang Benar

Kaca cermin

Anda harus memperhatikan cara pemasangan cermin atau kaca muka yang benar agar aman tertempel pada dinding rumah anda tanpa ada masalah. Adapun cara pemasangan kaca muka yang benar adalah:

  • Pengeleman

Lem khusus untuk kaca muka dibubuhkan di bagian belakang kaca muka, kemudian didiamkan sebentar hingga lem agak mengering.

  • Pasang ke Dinding

Pasang kaca muka ke dinding rumah anda dengan menggunakan sekrup ataupun bahan penempel lainnya. Usahakan anda membuat ukuran yang tepat terlebih dahulu dengan dinding rumah anda.

  • Pemberian Lapisan Sealant

Jika sudah terpasang dengan benar pada dinding rumah, anda bisa melapisi setiap tepian kaca muka dengan lapisan sealant berwarna putih ataupun netral. Lapisan ini berfungsi agar kaca muka anda tertempel lebih kuat serta memberikan kesan yang lebih menyatu dengan dinding rumah anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan jika ingin memilih kaca muka yang sesuai dengan dengan rumah anda. Perhatikan setiap detail dari kaca muka rumah anda agar tidak menyesal untuk kedepannya. Selain itu juga, perlu adanya perawatan yang intens agar kaca mura rumah anda tetap tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *