Tips Memilih Furnitur Minimalis untuk Rumah Mungil Anda
Dekorasi

Tips Memilih Furnitur Minimalis untuk Rumah Mungil Anda

Memiliki rumah yang besar dengan dekorasi yang mewah merupakan impian banyak orang. Jika Anda adalah salah satunya, Anda perlu tahu bahwa saat ini harga tanah semakin tinggi, begitu pula dengan harga bahan bangunan dan furnitur untuk mengisi rumah tersebut. Untuk dapat memiliki rumah yang nyaman dan terlihat modern meski lahan yang mampu Anda beli relatif kecil, Anda dapat membangun rumah model minimalis. Salah satu ciri khas furnitur rumah model ini adalah bentuknya yang sederhana, didominasi oleh warna-warna lembut, serta berfokus pada fungsi, bukan hanya dekorasi. Anda dapat membeli beberapa karpet ukuran sedang di toko karpet terdekat untuk diletakan di kamar tidur atau ruang tamu, membeli beberapa rak berbentuk segitiga untuk diletakan di sudut-sudut ruangan, serta memasang plafon yang dilengkapi sistem pencahayaan tidak langsung untuk memberikan kesan tegas.

Bagaimana Ciri Khas Furnitur Rumah Model Minimalis?

Rumah dengan lahan yang relatif kecil mudah terlihat sesak jika pemilihan furniturnya kurang tepat. Hal ini tentu berbeda dengan tujuan pembuatan rumah model minimalis yang dapat memberikan kesan bersih dan ruangan cukup luas meski lahan yang tersedia sebaliknya. Berikut beberapa ciri khas furnitur rumah model minimalis yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak salah beli:

1. Bentuk Sederhana dengan Fungsi Serbaguna

Banyaknya keluarga yang memilih membangun rumah model minimalis membuat para pengusaha di bidang furnitur meminta pekerjanya untuk memproduksi furnitur-furnitur sederhana namun serbaguna. Hal ini tentu mempermudah Anda dalam mencari furnitur yang Anda inginkan sesuai dengan budget yang disediakan. Pilihlah meja yang tidak hanya bagian atasnya, namun juga bagian dalam dan bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan barang. Selain meja, Anda perlu membeli rak atau lemari dengan banyak space namun memiliki bentuk yang ringkas, serta kitchen set yang dapat menampung banyak peralatan dapur.

2. Tidak Memakan Banyak Tempat

Ciri khas furnitur rumah model minimalis yang kedua adalah tidak memakan banyak tempat meskipun ukurannya cukup besar. Contohnya rak yang bentuknya didesain agar dapat mengisi sudut ruangan, lemari pakaian yang dapat disimpan di bawah tangga karena permukannya dibuat miring, atau rak kaca yang dapat ditempel di dinding untuk menyimpan barang-barang kecil seperti koleksi foto dan cindera mata. Jika Anda ingin membuat taman kecil, Anda dapat memanfaatkan kayu berbentuk persegi atau persegi panjang yang memiliki volume untuk menyimpan pot-pot tanaman kesayangan Anda dan dapat ditempatkan di dinding ruang tamu atau dinding rumah bagian luar.

3. Warna Tidak Mencolok

Rumah minimalis memiliki furnitur dengan warna yang tidak mencolok. Warna-warna yang dipilih cenderung kalem, memiliki kesan lembut, dan senada antara furnitur yang satu dengan yang lainnya. Sebagai dekorasi tambahan, Anda dapat pergi ke toko karpet untuk membeli karpet berbahan nyaman dengan warna senada untuk ditempatkan di depan pintu rumah dan ruangan lain yang membutuhkan karpet.

4. Dapat Dijadikan Sekat untuk Ruangan yang Terbuka

Rumah model minimalis dapat terlihat luas karena minimnya sekat antar ruangan. Sekat biasanya hanya diperlukan untuk ruangan-ruangan yang bersifat pribadi dan membutuhkan ketenangan seperti kamar tidur, kamar mandi, atau ruang belajar anak. Anda dapat menggunakan furnitur lain sebagai pembatas antara ruang makan dengan dapur atau antara ruang makan dengan ruang tamu. Pilihlah furnitur yang sesuai seperti meja, rak, atau sofa dengan ukuran yang pas agar tetap menyisakan space sebagai jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *