Tips Terbaik untuk Merawat Pintu Sliding Door
Dekorasi

Yuk Intip 4 Tips Terbaik untuk Merawat Pintu Sliding Door

Pintu geser atau dikenal juga dengan sliding door merupakan salah satu jenis pintu yang cukup sering digunakan, baik untuk gedung perkantoran ataupun untuk hunian pribadi. Pintu jenis ini dapat ditemui di rumah-rumah bergaya Korea, Jepang atau Cina. Tidak hanya menambah nilai artistik, pintu ini juga memiliki manfaat lainnya. Karena pintu geser tidak menghabiskan banyak tempat dalam penggunaannya, maka pintu ini sangat cocok dipakai untuk rumah dengan lahan yang terbatas.

Kehadiran pintu geser di rumah Anda juga dapat memberikan kesan yang berbeda pada ruangan. Dengan pintu ini, rumah Anda terlihat lebih modern, minimalis dan tentunya tetap stylish. Pintu geser memang dapat memberikan banyak keuntungan, tetapi Anda juga harus rutin merawatnya. Perawatan yang kurang tepat bisa berakibat pada terhambatnya rel pintu dan membuat pintu sulit untuk dibuka dan ditutup. Anda tentu tidak mau kan mengeluarkan tenaga ekstra hanya untuk membuka pintu geser? Maka pada kesemptana kali ini akan kami berikan beberapa tips untuk merawat jenis pintu yang satu ini.

Tips Terbaik Merawat Sliding Door Agar Tahan Lama

Jika tidak dirawat dengan baik, perlahan akan muncul banyak masalah pada pintu geser. Mulai dari pintu yang berderit, pintu yang seret saat hendak dibuka, dan kerusakan lainnya. Untuk menghindari itu semua maka pintu ini harus dirawat dan dijaga dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam merawat pintu geser:

1. Bersihkan Rel Secara Teratur

Tidak seperti pintu konvensional yang menggunakan engsel, sliding door menggunakan rel untuk membuka dan menutup pintu. Rel ini memiliki peran yang sangat penting bagi pintu, karena dengan rel inilah pintu dapat dengan bebas digeser ke kanan dan ke kiri. Kotoran yang menyangkut di sisi rel lama kelamaan bisa menyebabkan pintu menjadi seret dan susah untuk digeser. Anda bisa membersihkannya paling tidak seminggu sekali. Agar dapat membersihkan secara maksimal, Anda bisa terlebih dahulu mencopot pintu dari rel dengan membuka skrupnya menggunakan obeng. Setelah rel selesai dibersihkan, Anda bisa memasang pintunya kembali.

2. Lumasi Rel Pintu

Masalah lain yang sering muncul pada jenis pintu ini adalah berisik. Ya, jika Anda tidak rajin merawatnya, pintu ini akan mengeluarkan suara derit yang cukup mengganggu. Untuk mengatasinya sebenarnya sangatlah mudah. Solusinya adalah dengan secara rutin melumasi rel pintu.Untuk pelumasan Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Akan tetapi, jangan sampai Anda menggunakan minyak terlalu banyak karena dapat memberikan kesan lengket. Selain itu, debu dan kotoran pun justru semakin mudah menempel pada rel pintu. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa membeli cairan pelumas khusus.

3. Pasang Penahan di Tepi Pintu

Saat sedang buru-buru, terkadang tanpa disadari Anda bisa menggeser pintu terlalu keras. Akibatnya, pintu ini pun semakin rentan untuk rusak. Namun, Anda bisa kok menyiasati hal ini. Untuk mencegah kerusakan pada pintu, Anda bisa menggunakan penahan yang terbuat dari busa atau karet. Penahan pintu ini direkatkan di sepanjang tepi pintu geser untuk mengurangi benturan terlalu keras yang dapat merusak pintu.

4. Bersihkan Pintu

Tidak hanya rel saja, tetapi pintunya sendiri juga harus dijaga kebersihannya. Bahan pembuat pintu geser pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari kaca ataupun kayu. Berbeda material dasarnya, maka berbeda pula cara perawatannya. Pintu kaca umumnya lebih cepat kotor dan berdebu. Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya dengan cairan pembersih kaca setidaknya tiga hari sekali. Sedangkan untuk pintu kayu, Anda bisa membersihkannya dengan cairan anti rayap agar kayu tidak cepat lapuk dimakan oleh rayap. Dengan begitu, pintu geser di rumah Anda pun bisa terlihat lebih indah dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *